Makalah Pendidikan – Makalah Komputer. Berikut ini saya mempunyai Makalah Pendidikan yang berjudul “Makalah
Jaringan Komputer”. Semoga makalah ini bisa membantu para pembaca.
JARINGAN KOMPUTER
Tiga abad sebelum sekarang, masing-masing ditandai dengan dominasi
yang berbeda.Abad ke-18 didominasi oleh perkembangan sistem mekanik yang
mengiringi revolusi industri.Abad ke-19 merupakan jaman mesin uap. Abad ke-20,
teknologi radio, tv dan komputer memegang peranan untuk pengumpulan, pengolahan
dan media distribusi informasi.
Abad ke-21 saat ini atau era-informasi, dimana teknologi jaringan komputer global yang mampu menjangkau seluruh wilayah dunia, pengembangan sistem dan teknologi yang digunakan, penyebaran informasi melalui media internet, peluncuran satelit-satelit komunikasi dan perangkat komunikasi wireless/selular menandai awal abad millenium.
Abad ke-21 saat ini atau era-informasi, dimana teknologi jaringan komputer global yang mampu menjangkau seluruh wilayah dunia, pengembangan sistem dan teknologi yang digunakan, penyebaran informasi melalui media internet, peluncuran satelit-satelit komunikasi dan perangkat komunikasi wireless/selular menandai awal abad millenium.
Sejak me-masyarakat-nya internet dan dipasarkannya sistem operasi
Windows95 oleh Microsoft Inc., menghubungkan beberapa komputer baik komputer
pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area
Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang mudah dan
biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang
bertujuan menekan anggaran belanja (efisiensi anggaran) khususnya peralatan
komputer, maka kebutuhan akan sebuah jaringan komputer merupakan satu hal yang
tidak bisa terelakkan.
PENGERTIAN JARINGAN KOMPUT
MELWIN SYAFRIZAL
Jaringan komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2
komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau
tanpa kabel (wireless)
WAHANA KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling
dihubungkan satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media
transmisi, sehingga dapat saling berbagi menggunakan sumber daya yang ada dan
berkomunikasi
TEGUH WAHYONO
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer otonom yang saling
terhubung satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui
media transmisi pada suatu jaringan komunikasi data
ANGGA WIBOWO & SMITDEV COMMUNITY
Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri atas komputer
dan perangkat jaringan lainnya yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan
tertentu
Wikipedia
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas
komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU),
berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban
web).
Jaringan komputer adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer
autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa
kabel (wireless).
Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol
terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer
lain, restart, shutdows, kehilangan file atau kerusakan sistem.
Dalam defenisi networking yang lain autonomous dijelaskan sebagai
jaringan yang independent dengan manajemen sistem sendiri (punya admin sendiri),
memiliki topologi jaringan, hardware dan software sendiri, dan dikoneksikan
dengan jaringan autonomous yang lain. (Internet merupakan contoh kumpulan
jaringan autonomous yang sangat besar.)
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling
bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file,
printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll).
Data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau
tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan
komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama
dan menggunakan hardware/software yang
terhubung dalam jaringan bersama-sama
Tiap komputer, printer
atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan
”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit
komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan
jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.
Didalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antar node
(komputer), yakni:
Peer to peer
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan
komputer yang terdiri dari beberapa komputer, terhubung langsung dengan kabel
crossover atau wireless atau juga dengan perantara hub/switch.
Komputer pada jaringan peer to peer ini biasanya berjumlah sedikit
dengan 1-2 printer.Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer,
riset dan beberapa hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan
untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer.
Peer to peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai
resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai
server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang
terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai
client maupun server pada periode yang sama.
Misalnya terdapat beberapa unit komputer dalam satu departemen,
diberi nama group sesuai dengan departemen yang bersangkutan. Masing-masing
komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa saling sharing
untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing-masing, seperti
printer, cdrom, file dan lain-lain.
Client – Server
Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau
beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer
lain (client) dalam jaringan, server akan mengatur mekanisme akses resource
yang boleh digunakan, serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan.
Selain pada jaringan lokal, sistem ini bisa juga diterapkan dengan
teknologi internet. Dimana ada suatu unit komputer) berfungsi sebagai server
yang hanya memberikan pelayanan bagi komputer lain, dan client yang juga hanya
meminta layanan dari server. Akses dilakukan secara transparan dari client
dengan melakukan login terlebih dulu ke server yang dituju.
Client hanya bisa menggunakan resource yang disediakan server
sesuai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator.Aplikasi yang
dijalankan pada sisi client, bisa saja merupakan resource yang tersedia di
server.namun hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server. Pada
implementasi software splikasi yang di-install disisi client berbeda dengan
yang digunakan di server.
Jenis layanan Client-Server antara lain :
File Server : memberikan layanan fungsi pengelolaan file.
Print Server : memberikan layanan fungsi pencetakan.
Database Server : proses-proses fungsional mengenai database
dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat minta pelayanan.
DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi
penyimpanan, manajemen dan pengambilan data.
Kelebihan jaringan peer to peer
Implementasinya murah dan mudah
Tidak memerlukan software administrasi jaringan yang khusus
Tidak memerlukan administrator jaringan
Kekurangan jaringan peer to peer
Jaringan tidak bisa terlalu besar (tidak bisa memperbesar jaringan)
Tingkat keamanan rendah
Tidak ada yang memanajemen jaringan
Pengguna komputer jaringan harus terlatih mengamankan komputer
masing-masing
Semakin banyak mesin yang disharing, akan mempengaruhi kinerja
komputer
Kelebihan jaringan client server
Mendukung keamanan jaringan yang lebih baik
Kemudahan administrasi ketika jaringan bertambah besar
Manajemen jaringan terpusat
Semua data bisa disimpan dan di backup terpusat di satu lokasi
Kekurangan jaringan client server
Butuh administrator jaringan yang profesional
Butuh perangkat bagus untuk digunakan sebagai komputer server
Butuh software tool operasional untuk mempermudah manajemen
jaringan
Anggaran untuk manajemen jaringan menjadi besar
Bila server down, semua data dan resource diserver tidak bisa
diakses
JARINGAN KOMPUTER DAN SISTEM TERDISTRIBUSI
Sebelum jaringan komputer popular, user komputer pernah mengenal
sistem terdistribusi. Terdapat hal yang cukup membingungkan dalam pemakaian
istilah jaringan komputer dan sistem terdistribusi (distributed system).
Persamaannya adalah keduanya merupakan sekumpulan komputer yang
saling terkoneksi dengan dengan media transmisi yang relatif tidak jauh
berbeda, sama-sama harus memindahkan file. Perbedaan yang lebih spesifik antara
Jaringan Komputer dan Sistem Distribusi sbb:
Perbedaan utama antara jaringan komputer dan sistem terdistribusi
lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya sistem operasi) bukan pada
perangkat kerasnya, karena perangkat lunaklah yang menentukan tingkat
keterpaduan dan transparansi jaringan yang bersangkutan.
SEJARAH JARINGAN & INTERNET
Jaringan Komputer
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai
terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa
terminal. (Lihat Gambar 1.4) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses
berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk
pertama kali terbentuklah jaringan (network) komputer pada lapis aplikasi.
Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host
komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan
teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Pada tahun 1957 Advanced Research Projects Agency (ARPA) dibentuk
oleh Departement of Defence (DoD) USA, 1967 disain awal dari ARPANET
diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan
riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik
(program ini dikenal dengan nama ARPANET).
Seperti pada Gambar diatas, dalam proses ini beberapa host komputer
mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara seri untuk melayani beberapa terminal
yang tersambung secara paralel disetiap host komputer. Pada proses distribusi
sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan
telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host
komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer
pusat.
Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun
dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan
jaringannya sudah mulai beragam, dari mulai menangani proses bersama-sama
maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) tanpa melalui kendali
komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang
dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan,
maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan satu sama lain,
hingga terbentuklah jaringan raksasa WAN.
Sejarah Singkat Internet dan Web
1957: Advanced Research
Projects Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA.
1959: Len Kleinrock menulis paper tentang packet switching.
1967: Disain awal dari ARPANET diterbitkan.
1969: DoD menggelar pengembangan ARPANET
1970: ARPANET mulai menggunakan Network Control Protocol (NCP)
1972: InterNetworking Working
Group(INWG) dibentuk untuk mempromosikan standar yang sudah disepakati bersama.
Spesifikasi dari telnet, diusulkan.
1973: Ide ethernet
dijabarkan dalam thesis PhD dari Bob Metcalfe. Spesifikasi untuk File Transfer,
RFC 454, diusulkan.
1974: Disain dari TCP/IP
dijabarkan secara rinci oleh Vint Cerf dan Bob Kahn dalam “A Protocol for
Packet Network Intercommunication”.
1982: TCP/IP menjadi
protokol untuk ARPANET dan ini dispesifikasikan oleh DoD.
1992: Jumlah Internet hosts melampaui 1.000.000. Tim Berners Lee
menemukan program editor dan browser. University of Nevada mengeluarkan sistem
Veronica. Sebuah WWW browser yang bernama Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan
didistribusikan bersama CERN WWW.
1993: NSF membuat InterNIC
untuk menjalankan Internet service seperti pendaftaran domain.Versi pertama
dari Mosaic (untuk X Window) yang dikembangkan oleh Marc Andreesen dikeluarkan
oleh NCSA White House online. National Information Infrastructure Act lolos dan
pemerintah Amerika Serikat mulai lebih serius dalam penanganan Website.
1994: PizzaHut online, merupakan contoh pertama dari aplikasi
komerisal Internet. Spam mail menjadi kasus besar setelah sebuah lembaga hukum
yang bernama Canter & Siegel menyebarkan mail ke seluruh dunia tentang
servis untuk mendapatkan “green card”. First Virtual menjalankan “CyberBank”
yang pertama. Ditahun 1994 ini Yahoo! didirikan dan juga menjadi tahun
kelahiran Netscape Navigator 1.0.
1995: Compuserve, America Online, dan Prodiy mulai memberikan
servis akses keInternet.Perusahaan Marc Andreesen, Netscape Communication
Corporation, menjadi publik dan menjadi nomor 3 tertinggi untuk harga Initial
Public Offericng (IPO) share di NASDAQ. NFS tidak lagi meng-gratiskan
pendaftaran domain. Pengguna domain mulai membayar untuk sebuah domain yang
digunakan dan dihosting ke internet.
Jenis-Jenis jaringan
Secara umum jaringan komputer
terbagi menjadi 3 jenis jaringan yaitu :
Local Area Network (LAN)
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif
kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah
gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antar node
tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.
Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN,
misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara
bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke
dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan beberapa
kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara
satu dengan lainnya.
Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah
menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena
jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota
dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.
Sebagai contoh jaringan komputer kantor City Bank yang ada di
Indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan, jaringan
ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang tersebar diseluruh dunia dan
lain-lain.
Biasanya WAN lebih
rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun MAN. Menggunakan
banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN kedalam komunikasi global
seperti internet, meski demikian antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda
dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang
lainnya.
TUJUAN / MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi
dua, yaitu: untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum.
Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu
perusahaan adalah:
Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan,
khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.
Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang
dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak
perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer
High reliability (kehandalan tinggi): Sistem Informasi Manajemen
Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server,
internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga
dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan
harapan.
Manfaat jaringan komputer untuk umum:
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada
pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada
perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang
mejadi daya tarik jaringan komputer pada
perorangan yaitu:
access ke informasi yang
berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info
e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya up to date).
komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video
conferene dll).
hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio
streaming, download film atau lagu, dll).
MASALAH-MASALAH SOSIAL YANG DITIMBULKAN DARI JARINGAN KOMPUTER
(INTERNET)
Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan timbulnya
masalah-masalah sosial, etika, politik, maupun ekonomi yang tak terelakkan.
Internet telah masuk ke segala penjuru
kehidupan masyarakat, semua orang dapat
memanfaatkannya tanpa memandang status sosial, usia, juga jenis kelamin.
Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama subyeknya
terbatas pada topik-topik teknis, pendidikan atau hobi, juga hal-hal yang masih
dalam batas norma-norma kehidupan, tetapi kesulitan mulai muncul bila suatu situs
di internet mempunyai topik yang sangat menarik perhatian orang, seperti
pertentangan politik, agama, sex, dll.
Koneksi jaringan komputer/internet ini juga akan menimbulkan
masalah ekonomi yang serius bila teknologinya dimanfaatkan oleh fihak-fihak tertentu
yang ingin mengambil keuntungan pribadi namun merugikan fihak lain, misalnya
kegiatan carding, download software komersil secara ilegal dll.
Gambar-gambar yang dipasang disitus-situs internet mungkin
merupakan sesuatu yang biasa bagi sebahagian orang, namun sangat mengganggu
bagi sebagian orang lain (karena bisa menimbulkan masalah SARA).
Selain itu, bentuk pesan-pesan tidaklah terbatas hanya pesan
tekstual saja.Foto berwarna dengan resolusi tinggi dan bahkan videoclip
singkatpun sekarang sudah dapat dengan mudah disebar-luaskan melalui jaringan
komputer.
Sebagian orang dapat bersikap acuh tak acuh, tapi bagi sebagian
lainnya pemasangan materi tertentu (misalnya pornografi) merupakan sesuatu yang
tidak dapat diterima.
DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Perkembangan teknologi informasi dan kumunikasi dapat meningkatkan
kehidupan manusia, yang berarti keberadaan teknologi infomasi dan komunikasi
dapat memberi mamfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia.Ketika mengunakan
telepon, menonton televisi, mengerjakan tugas dengan computer dan mengunakan
fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan dan
memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan
terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima
dengan cepat , aktivitas komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi
lebih mudah dan cepat dengan mudah mengunakan alat – alat teknologi komunikasi
dan komunikasi.
Dalam bidang pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini
ditandai adanya hubungan guru dengan siswa , guru dan guru, dan antara
guru,siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan
dalam dan diluar sekolah .
DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sering dianggap
sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya.Namun, ketika nalar,
kemampuan dan iman kita belum memadai atau tidak siap untuk mengikuti
perkembangan tersebut, apakah kemudahan atau kebaikan yang dijanjikan bisa
menjadi kenyatan dan bisa dinikmati.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya
menimbulkan efek positif yang kontruktif (membangun), tetapi juga menimbulkan
efek negatif yang destruktif ( merusak). Efek negative tersebut disebabkan oleh
perkembangan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) tak seiring dengan perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penguasaan IPTEK bahkan digunakan untuk
menggali prosedur –prosedur yang jujur sehingga lahirlah cyber crime (
pembajakan kartu kredit). Selain itu, penguasaan IPTEK malah digunkan untuk
memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn ( penyebaran aktivitas
penyimpangan seksual dalam bentuk teks, gambar, maupun audio visual).
Adapun efek negatif lainnya dari penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi adalah semakin maraknya aktivitas pembajakan program computer dan
VCD, CD, DVD aktifitas tersebut merupaan tindak kriminalitas yang diatur oleh
undang –undang karena termasuk kegiatan ilegal yang secara financial dapat
merugikan pihak lain
KESIMPULAN
Jaringan komputer (jarkom) adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer
autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa
kabel (wireless).
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling
bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file,
printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll).
Tiap komputer, printer
atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan
”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit
komputer atau lebih.
Peer to peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai
resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai
server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang
terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai
client maupun server pada periode yang sama.
Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau
beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer
lain (client) dalam jaringan.